Rabu, 29 Oktober 2014

MSPM

Makalah : MSPM
SPESIFIKASI BAHAN MAKANAN
(Bumbu – Bumbu)
Oleh
Uyun Yusnisari Taslim
P00331012035
II A

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN KENDARI
JURUSAN GIZI

2014

Spesifikasi Bumbu
  • Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiiki umbi berlapis. Tanaman ini mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi , membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan – lapisan daun yang membesar dan bersatu, Bawang merah juga beraroma tajam
  • Pala adalah merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging bauhnya, biji akan terlihat terbungskus fuli yang berwarna merah.
  •  Cabai atau Lombok termasuk suku terong – terongan yang mudah ditaman di daratan rendah ataupun di daratan tinggi. Cabai berwarna merah dan hijau, berbentuk lonjong. Tanaman cabai mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan
  • Temu kunci adalah sejenis rempah – rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu dalam masakan Asia Tenggara. Rimpangnya  kuning terang, bulat telur memanjang, sangat beraroma, akar kuat. Daun 2 atau 4 pelepahnya berwarna merah.
  • Ketumbar berbentuk berupa biji kecil – kecil sebesar  1- 2 milimeter. Mirip dengan biji lada tetapi lebih kecil dan lebih gelap. Daunnya hijau dengan tepian bergerigi, buahnya bentuknya hampir bulat berwarna kuning bersusun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar